Senin, 18 Maret 2013

Perencanaan Sistem Pengajaran PAI-Tugas Finaltest



TUGAS FINALTEST
PENDEKATAN SISTEM PENGAJARAN PAI
Dosen : Drs. Muhammad Ramli AR, M.Pd




Horizontal Scroll: Program Tahunan (PROTA)
Program Semesteran (PROMES)
Silabus 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
 







Oleh:
Nama: Nahdiatul Husna
NIM: 1101210374
Kelas/Angkatan: PAI A 2011


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) ANTASARI BANJARMASIN
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
BANJARMASIN
2012/2013
PROGRAM TAHUNAN
SATUAN PENDIDIKAN                  : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN                         : AKIDAH AKHLAK
KELAS                                                  : XI IPA
TAHUN PELAJARAN                       : 2012/2013
SEM.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
KET.
GANJIL
Memahami ilmu kalam
1.    Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
4 jam pelajaran (2 x pertemuan)


2.    Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya



3.    Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan


Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
1. Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh, dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji’ah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Maturidiyah, Muktazilah, dan teologi pembebasan)
14 jam pelajaran (7 x pertemuan)


2. Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainnya



3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam



4. Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat


Membiasakan perilaku terpuji
1.   Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
6 jam pelajaran (3 x pertemuan)


2.   Mengidentifikasikan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu



3.   Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan



4.   Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu


Menghindari perilaku tercela
1.       Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengonsumsi narkoba)
10 jam pelajaran (5 x pertemuan)


2.       Mengidentifikasi bentuk dan contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengonsumsi narkoba)



3.       Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar  (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengonsumsi narkoba)



4.       Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengonsumsi narkoba)


JUMLAH JAM PELAJARAN
34 jam pelajaran

GENAP
Memahami tasawuf
1.       Menjelaskan pengertian, asal usul, dan istilah-istilah dalam
10 jam pelajaran (5 x pertemuan)


2.       Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern



3.       Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf



4.       Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern


Membiasakan perilaku terpuji
1.       Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
6 jam pelajaran (3 x pertemuan)


2.       Mengidentifikasikan perilaku orang yang berbuat adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan



3.       Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan



4.       Membiasakan perilaku adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari


Membiasakan perilaku terpuji
1.       Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
8 jam pelajaran (4 x pertemuan


2.       Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja



3.       Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan



4.       Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari


Menghindari perilaku tercela
1.       Menjelaskan pengertian israf, tabzir, dan fitnah
6 jam pelajaran (3 x pertemuan


2.       Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan israf, tabzir dan fitnah



3.       Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan israf, tabzir dan fitnah



4.       Membiasakan diri untuk menghindari perilaku israf, tabzir dan fitnah




JUMLAH JAM PELAJARAN




TOTAL JAM PELAJARAN (SEMESTER GANJIL DAN GENAP)  







Mengetahui:
Kepala Madrasah Aliyah 3 Amuntai

Amuntai,.....................................
Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak



Drs. Muhammad Ramli AR, M.Pd
NIP. 19660401 199203 1 005




Nahdiatul Husna, S.Pd.I
NIM. 1101210374


                                                                                                                                                                                          




SILABUS


Nama Sekolah 
Kelas           
: MAN 3 Amuntai
:  XI IPA
Mata Pelajaran
Semester
: Akidah Akhlak
: Ganjil
Stndar Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji



Kompetensi
Dasar

Materi Pokok Pembelajaran

Kegiatan
Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber
Belajar

Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu

pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
1. Siswa membaca dan mene laah berbagai literatur untuk dapat memahami pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
1. Menjelaskan pengertian akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
Tes tertulis

Uraian
Jelaskan pengertian akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
2 x 40
menit
Roli Abdul Rahman- M.Khamzah, Menjaga Akdah dan Akhlak untuk kelas XI MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, 2009
Al-quran dan Terjemahnya
Laptop
LCD
Sumber-sumber lain yang relevan
2. Menjelaskan tujuan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
Tes tertulis

Jawaban
Singkat
Kemukakan tujuan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
3. Menyebutkan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
Tes tertulis
Uraian
Jelaskan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu
3.2Mengidentifikasikan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
Bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
Siswa mem baca dan mene laah berbagai literatur untuk dapat memahami bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu

1.Menyebutkan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
Tes tertulis
Jawaban
Singkat
Jelaskan bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
2 x 40
menit
Roli Abdul Rahman- M.Khamzah, Menjaga Akdah dan Akhlak untuk kelas XI MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, 2009
Al-quran dan Terjemahnya
Laptop
LCD
Sumber-sumber lain yang relevan
3.3  Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

3.4 Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
Nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.

Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat memahami nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan
Tes tertulis
Jawaban
Singkat
Sebutkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan.
2 x 40
menit
Roli Abdul Rahman- M.Khamzah, Menjaga Akdah dan Akhlak untuk kelas XI MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, 2009,
Laptop,
LCD, sumber-sumber lain yang relevan

Mengetahui:
Kepala Madrasah Aliyah 3 Amuntai

Amuntai,......................................
Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak




Drs. Muhammad Ramli AR, M.Pd
NIP 19660401 199203 1 005





Nahdiatul Husna, S.Pd.I
NIM. 1101210374









                                                                                                                                                                                          
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) 1

Nama Sekolah                  : MAN 3 AMUNTAI
Kelas / Semester               : XI IPA 2 / Ganjil
Mata pelajaran                : Akidah Akhlak
Standar kompetensi           : 1.         Memahamiilmukalam
Kompetensi Dasar             : 1.1.      Menjelaskanpengertiandanfungsiilmukalam
Alokasi Waktu                  : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )

A.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa diharapkan dapat:
·         Menjelaskan pengertianilmukalam secara etimologis dan terminologis
·         Menjelaskan fungsiilmukalam

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu:
·         Menjelaskan pengertian ilmu kalam dengan baik dan benar.
·         Menyebutkan fungsi ilmu kalam dengan baik dan benar.

C.    Karaktersiswa yang diharapkan
1.    Jujur, tawaduk, taat, qanaahdansabar
2.    Rasa hormatdanperhatian
3.    Tanggungjawab
4.    Tekun
5.    Penuh percaya diri

D.    MATERI AJAR
Ilmu Kalam
Pengertian Ilmu Kalam
Konsep ilmu kalam dapat ditelusuri dari akar katanya. Secara etimologis kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan menggunakan logika. Oleh karena itu, ciri utama dari ilmu kalam adalah rasionalitas atau logika. Kata kalam sendiri mulanya memang dimaksudkan sebagai terjemah dari dari kata logos yang diadopsi dari bahasa Yunani yang berarti pembicaraan. Dari kata inilah muncul istilah logoka dan logis yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dengan istilah mantiq.
Menurut Syekh Muhammad Abduh, ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya, dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya.
Ibnu Khaldun menerangkan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan –kepercayaan iman dengan menggunakan dalil-daliul pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunah.
Fungsi Ilmu Kalam
Diantara fungsi ilmu kalam adalah untuk menambah keyakinan karena sebagian dari ketentuan agama tidak mungkin untuk meyakininya kecuali melalui akal seperti mengetahui tentang adanya Allah dan kodrat-Nya. Ilmu kalam berfungsi untuk menumbuhkan tauhid karena ia menghadirkan dalil akal sebagai argumen yang mudah dicerna manusia.

E.     METODE DAN STRATEGI
Metode          : ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan penugasan.
Strategi         : discussion of group

F.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
1. Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basmalahserta mengabsen.
o   Memberikan apersepsi/materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan motivasi.
o   Menyampaikan kompetensi  dari materi  yang akan diajarkan
o   Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
o   Guru menyampaikanpokokmateriyang akandiajarkan
o   Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertianilmu kalam dan fungsinya
Elaborasi
o   Siswamembaca atau menelaah literatur yang berkaitanpengertianilmu kalam dan fungsinya.
Konfirmasi
o   Guru membagikansiswamenjadi5 kelompok.
o   Setiapkelompokmemilikijurubicara.
o   Guru membagikansatulembarkerjaberisipertanyaanuntukdidiskusikan.
o   Jurubicarasetiapkelompokmempresentasikanhasildiskusinya.
o   Guru memberikankesempatanbagisiswa yang inginbertanya.
20
Menit









50
Menit
















Pemahaman Konsep










3. Kegiatan penutup
o   Guru merangkum materi yang baru saja diajarkan
o   Guru menugaskan untukmenjawabsoal yang telahdisediakansebagaibentukevaluasi.
o   Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan membaca salam.
20
Menit


G.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Caption
§  Internet dan Intranet
§  Buku paket:Roli Abdul Rahman dan M. Khamzah, Menjaga Akidah dan Akhlak, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
§  Buku-buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
§  Al-Qur’an dan terjemahnya

H.    PENILAIAN
a)      Kognitif
·         Test tertulis berupa soal
1.    Jelaskan pengertian ilmu kalam!
Jawaban: Secara etimologis kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan menggunakan logika. Menurut Syekh Muhammad Abduh, ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya, dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya.
Ibnu Khaldun menerangkan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang berisi alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan –kepercayaan iman dengan menggunakan dalil-daliul pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunah.
2.    Apa fungsi ilmu kalam?
Jawaban: Diantara fungsi ilmu kalam adalah untuk menambah keyakinan karena sebagian dari ketentuan agama tidak mungkin untuk meyakininya kecuali melalui akal seperti mengetahui tentang adanya Allah dan kodrat-Nya. Ilmu kalam berfungsi untuk menumbuhkan tauhid karena ia menghadirkan dalil akal sebagai argumen yang mudah dicerna manusia.

b)      Afektif (PengamatanMinatdanSikap)
No.
NamaSiswa
AspekPenilaianAfektif
JumlahSkor
Nilai
Catatan Guru
Respon
Disiplin
Kerjasama
TuntasTugas
1.








2.








3.








4.












Mengetahui,
     Guru Pamong
Banjarmasin, 11-12-2012
Praktikan



Drs. Muhammad Ramli AR, M.Pd
NIP.19660401 199203 1 005
Nahdiatul Husna
NIM.1101210374















                                                                                



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) 2

Nama Sekolah                  : MAN 3 Amuntai
Kelas / Semester               : XI IPA / Ganjil
Mata pelajaran                : Akidah Akhlak
Standar kompetensi           : 3.    Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar             : 3.1  Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima  tamu.
Alokasi Waktu                  : 2  jam pelajaran ( 2 x 45 menit )


I.       INDIKATOR PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa diharapkan dapat:
·         Menjelaskan pengertian akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
·         Menjelaskan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

J.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu:
·         Menjelaskan pengertian akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dengan benar setelah mendengarkan penjelasan dari guru.
·         Menjelaskan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu setelah melakukan simulasi.

K.    Karakter  siswa yang diharapkan
6.      Jujur, tawaduk, taat, qanaah dan sabar
7.      Rasa hormat dan perhatian
8.      Tanggungjawab
9.      Tekun

L.     MATERI AJAR

AKHLAK BERPAKAIAN
Pengertian
Secara bahasa pakaian diartikan sebagai barang apa yang dipakai seseorang baik berupa baju, celana, sarung, selendang, jubah, dan serban.
Secara istilah pakaian adalah segala sesuatu yang dikenakan sseorang dalam berbagai ukuran dan modenya berupa baju, celana, sarung, jubah ataupun yang lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya untuk suatu tujuan yang bersifat khusus ataupun umum. Tujuan bersifat khusus artinya pakaian yang dikenakan lebih berorientasi pada keindahan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pemakaian. Tujuan bersifat umum lebih berorientasi pada keperluan untuk  menutup ataupun melindungi bagian tubuh yang perlu ditutup atau dilindungi, baik menurut kepatutan adat ataupun agama.

AKHLAK BERHIAS
Pengertian
Secara bahasa berhias diartikan usaha memperelok diri dengan pakaian ataupun lainnya yang indah-indah, berdandan dengan dandanan yang indah dan menarik.
Secara istilah, berhias adalah sebagai upaya setiap orang untuk memperindah diri dengan berbagai busana, asesoris ataupun zat-zat (make up) yang dapat memperelok diri bagi pemakainya sehingga memunculkan kesan indah bagi yang menyaksikan serta menambah rasa percaya diri penampilan untuk suatu tujuan tertentu.

AKHLAK PERJALANAN
Pengertian
Secara bahasa perjalanan diartikan perihal (cara, gerakan) berjalan atau bepergian dari suatu tempat menuju tempat yang lain untuk suatu tujuan. Secara istilah, perjalanan adalah sebagai aktivitas seseorang unuk keluar ataupun meninggalkan rumah dengan berjalan kaki ataupun menggunakan berbagai sarana transportasi yang mengantarkan sampai pada tempat tujuan dengan maksud taupun tujuan tertentu.
.
AKHLAK BERTAMU
Pengertian
Dalam bahasa Arab disebut dengan kata ata liziyarati-istadafa-yastadifu. Bertamu diartikan datang berkunjung ke rumah seorang teman ataupun kerabat untuk tujuan ataupun maksud (melawat dan sebagainya). Sedangkan menurut istilah bertamu adalah kegiatan mengunjungi rumah sahabat, kerabat ataupun orang lain dengan tujuan untuk menjalin persaudaraan ataupun untuk suatu keperluan lain dalam rangka menciptakan kebersamaan dan kemaslahatan bersama.

AKHLAK MENERIMA TAMU
Pengertian
Menerima tamu dalam bahasa Arab disebut dengan kata atahu daiqun. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menerima tamu (ketamuan) diartikan kedatangan orang yang bertamu, melawat atau berkunjung. Secara istilah menerima tamu dimaknai menyambut tamu dengan berbagai cara penyambutan yang lazim (wajar) dilakukan menurut adat ataupun agama dengan maksud untuk menyenangkan atau memuliakan tamu, atas dasar keyakinan untuk mendapatkan rahmat dan ridha dari Allah swt.

M.   METODE DAN STRATEGI
Metode          : ceramah, tanya jawab dan sosiodrama
Strategi         : simulation of action


N.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
1. Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basmalah serta mengabsen.
o   Memberikan apersepsi/materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan motivasi.
o   Menyampaikan kompetensi  dari materi  yang akan diajarkan
o   Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
o   Guru menyampaikan pokok materi yang akan diajarkan
o   Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertian akhlak berpakaian, berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
Elaborasi
o   Siswa membaca atau menelaah literatur yang berkaitan dengan akhlak berpakaian, berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
o   Siswa membaca dalil yang berkaitan dengan akhlak berpakaian, berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
Konfirmasi
o   Guru membagi siswa menjadi dua kelompok
o   Setiap kelompok mendapatkan judul drama yang akan dibawakan.
o   Siswa mendiskusikan siapa saja yang menjadi aktor dalam simulasi dan memilih ketua kelompok sebagai juru bicara.
o   Setiap kelompok tampil dengan durasi waktu maksimal 5 menit, ditutup dengan penjelasan dari juru bicara tentang pelajaran yang dapat diambil dari simulasi tersebut.
o   Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya.
15
Menit









55
Menit














Pemahaman Konsep










3. Kegiatan penutup.
o   Guru merangkum materi yang baru saja diajarkan
o   Guru menugaskan untuk menjawab soal di lembar yang telah disediakan sebagai bentuk evaluasi.
o   Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan membaca salam.
20
Menit



O.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  LCD dan Laptop
§  Roli Abdul Rahman dan M. Khamzah, Menjaga Akidah dan Akhlak, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
§  Mutiara Ihya Ulumuddin oleh Al-Ghazali
§  Kitab Subulus Salam Bab Adab
§  Al-Qur’an dan terjemahnya

P.     PENILAIAN
a)      Kognitif
·         Tes tertulis
·         Soal dan jawaban:
1.    Jelaskan pengertian akhlak berpakaian dan berhias?
Jawaban: Secara bahasa pakaian diartikan sebagai barang apa yang dipakai seseorang baik berupa baju, celana, sarung, selendang, jubah, dan serban. Secara istilah pakaian adalah segala sesuatu yang dikenakan sseorang dalam berbagai ukuran dan modenya berupa baju, celana, sarung, jubah ataupun yang lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya untuk suatu tujuan.
Secara bahasa berhias diartikan usaha memperelok diri dengan pakaian ataupun lainnya yang indah-indah, berdandan dengan dandanan yang indah dan menarik.
Secara istilah, berhias adalah sebagai upaya setiap orang untuk memperindah diri dengan berbagai busana, asesoris ataupun zat-zat (make up) yang dapat memperelok diri bagi pemakainya sehingga memunculkan kesan indah bagi yang menyaksikan serta menambah rasa percaya diri penampilan untuk suatu tujuan tertentu.
b)   Apa pengertian akhlak bertamu dan pentingnya akhlak bertamu?
Jawaban: Bertamu diartikan datang berkunjung ke rumah seorang teman ataupun kerabat untuk tujuan ataupun maksud (melawat dan sebagainya). Sedangkan menurut istilah bertamu adalah kegiatan mengunjungi rumah sahabat, kerabat ataupun orang lain dengan tujuan untuk menjalin persaudaraan ataupun untuk suatu keperluan lain dalam rangka menciptakan kebersamaan dan kemaslahatan bersama.
Bertamu memilki arti penting, yaitu untuk menumbuhkan sikap toleran terhadap orang lain dan menjauhkan dari sikap paksaan, tekanan, dan intimidasi. Bertamu juga mempertemukan persamaan ataupun kesesuaian sehingga akan terjalin persahabatan dan kerjasama.
c)   Uraikan makna dari akhlak perjalanan!
Jawaban: Perjalanan adalah berjalan atau bepergian dari suatu tempat menuju tempat yang lain untuk suatu tujuan. Secara istilah, perjalanan adalah sebagai aktivitas seseorang unuk keluar ataupun meninggalkan rumah dengan berjalan kaki ataupun menggunakan berbagai sarana transportasi yang mengantarkan sampai pada tempat tujuan dengan maksud taupun tujuan tertentu.
d)   Kemukakan definisi akhlak menerima tamu!
Jawaban: Menerima tamu didefinisikan menyambut tamu dengan berbagai cara penyambutan yang lazim (wajar) dilakukan menurut adat ataupun agama dengan maksud untuk menyenangkan atau memuliakan tamu, atas dasar keyakinan untuk mendapatkan rahmat dan ridha dari Allah swt.

e)      Afektif (Pengamatan Minat dan Sikap)

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian Afektif
Jumlah Skor
Nilai
Catatan Guru
Respon
Disiplin
Kerja sama
Tuntas Tugas
1.








2.








3.








4.








5.









                                                           
      Mengetahui,
     Guru Pamong
Banjarmasin, 11  Desember 2012
       Praktikan



Drs. Muhammad Ramli AR, M.Pd
NIP.19660401 199203 1 005
     Nahdiatul Husna
     NIM.1101210374
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar