TUGAS FINALTEST
PENDEKATAN SISTEM PENGAJARAN PAI
Dosen
: Drs. Muhammad Ramli AR, M.Pd
Oleh:
Nama:
Nahdiatul Husna
NIM:
1101210374
Kelas/Angkatan:
PAI A 2011
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN) ANTASARI BANJARMASIN
FAKULTAS
TARBIYAH
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
BANJARMASIN
2012/2013
PROGRAM TAHUNAN
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN : AKIDAH AKHLAK
KELAS :
XI IPA
TAHUN
PELAJARAN : 2012/2013
SEM.
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET.
|
GANJIL
|
Memahami
ilmu kalam
|
1.
Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
|
4 jam
pelajaran (2 x pertemuan)
|
|
2.
Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu
lainnya
|
||||
3.
Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan
|
||||
Memahami
aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
|
1. Menjelaskan
aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh, dan pandangan-pandangannya (Khawarij,
Murji’ah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Maturidiyah, Muktazilah,
dan teologi pembebasan)
|
14 jam
pelajaran (7 x pertemuan)
|
||
2. Menganalisis
perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan yang lainnya
|
||||
3. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam
|
||||
4. Menghargai
terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat
|
||||
Membiasakan
perilaku terpuji
|
1.
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu,
dan menerima tamu
|
6 jam
pelajaran (3 x pertemuan)
|
||
2.
Mengidentifikasikan
bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
||||
3.
Menunjukkan
nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan
menerima tamu dalam fenomena kehidupan
|
||||
4.
Membiasakan
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
||||
Menghindari
perilaku tercela
|
1.
Menjelaskan
pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengonsumsi
narkoba)
|
10 jam
pelajaran (5 x pertemuan)
|
||
2.
Mengidentifikasi
bentuk dan contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengonsumsi narkoba)
|
||||
3.
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengonsumsi narkoba)
|
||||
4.
Membiasakan
diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina,
mencuri, mengonsumsi narkoba)
|
||||
JUMLAH JAM PELAJARAN
|
34 jam
pelajaran
|
|||
GENAP
|
Memahami
tasawuf
|
1. Menjelaskan
pengertian, asal usul, dan istilah-istilah dalam
|
10 jam
pelajaran (5 x pertemuan)
|
|
2. Menjelaskan
fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
|
||||
3. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku bertasawuf
|
||||
4. Menerapkan
tasawuf dalam kehidupan modern
|
||||
Membiasakan
perilaku terpuji
|
1. Menjelaskan
pengertian dan pentingnya adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
|
6 jam
pelajaran (3 x pertemuan)
|
||
2. Mengidentifikasikan
perilaku orang yang berbuat adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
|
||||
3. Menunjukkan
nilai-nilai positif dari adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
dalam fenomena kehidupan
|
||||
4. Membiasakan
perilaku adil, rida, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
Membiasakan
perilaku terpuji
|
1. Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
8 jam
pelajaran (4 x pertemuan
|
||
2. Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
||||
3. Menunjukkan
nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan
akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
|
||||
4. Menerapkan
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
Menghindari
perilaku tercela
|
1. Menjelaskan
pengertian israf, tabzir, dan fitnah
|
6 jam
pelajaran (3 x pertemuan
|
||
2. Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh perbuatan israf, tabzir dan fitnah
|
||||
3. Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan israf, tabzir dan fitnah
|
||||
4. Membiasakan
diri untuk menghindari perilaku israf, tabzir dan fitnah
|
||||
JUMLAH JAM PELAJARAN
|
||||
TOTAL JAM PELAJARAN (SEMESTER GANJIL DAN GENAP)
|
||||
Mengetahui:
Kepala
Madrasah Aliyah 3
Amuntai
|
Amuntai,.....................................
Guru Mata
Pelajaran Akidah Akhlak
|
|
Drs. Muhammad Ramli AR, M.Pd
NIP. 19660401 199203 1 005
|
Nahdiatul Husna, S.Pd.I
NIM. 1101210374
|
SILABUS
Nama
Sekolah
Kelas
|
: MAN 3
Amuntai
: XI IPA
|
Mata
Pelajaran
Semester
|
: Akidah
Akhlak
: Ganjil
|
Stndar
Kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1Menjelaskan pengertian dan
pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
pengertian dan
pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
1. Siswa membaca dan mene laah
berbagai literatur untuk dapat memahami pengertian dan pentingnya akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
1. Menjelaskan pengertian akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
2 x 40
menit
|
Roli Abdul Rahman- M.Khamzah,
Menjaga Akdah dan Akhlak untuk kelas XI MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri, Solo, 2009
Al-quran dan Terjemahnya
Laptop
LCD
Sumber-sumber lain yang relevan
|
2. Menjelaskan tujuan akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Tes
tertulis
|
Jawaban
Singkat
|
Kemukakan tujuan akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
|||||
3. Menyebutkan pentingnya akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pentingnya akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
|||||
3.2Mengidentifikasikan
bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Siswa mem baca dan mene laah
berbagai literatur untuk dapat memahami bentuk akhlak berpakaian, berhias,
perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
1.Menyebutkan bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Tes
tertulis
|
Jawaban
Singkat
|
Jelaskan bentuk akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
2 x 40
menit
|
Roli Abdul Rahman- M.Khamzah,
Menjaga Akdah dan Akhlak untuk kelas XI MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri, Solo, 2009
Al-quran dan Terjemahnya
Laptop
LCD
Sumber-sumber
lain yang relevan
|
3.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena
kehidupan
3.4 Membiasakan akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
|
Nilai-nilai positif dari akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena
kehidupan.
|
Siswa membaca dan menelaah
berbagai literatur untuk dapat memahami nilai-nilai positif dari akhlak
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam fenomena
kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai positif
dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan
|
Tes tertulis
|
Jawaban
Singkat
|
Sebutkan nilai-nilai positif dari
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam
fenomena kehidupan.
|
2 x 40
menit
|
Roli Abdul Rahman- M.Khamzah,
Menjaga Akdah dan Akhlak untuk kelas XI MA, PT. Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri, Solo, 2009,
Laptop,
LCD, sumber-sumber lain yang
relevan
|
Mengetahui:
Kepala Madrasah Aliyah 3 Amuntai
|
Amuntai,......................................
Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak
|
|
Drs. Muhammad
Ramli AR, M.Pd
NIP 19660401
199203 1 005
|
Nahdiatul
Husna, S.Pd.I
NIM. 1101210374
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) 1
Nama Sekolah
: MAN 3 AMUNTAI
Kelas / Semester : XI IPA 2 / Ganjil
Mata pelajaran
: Akidah
Akhlak
Standar kompetensi : 1. Memahamiilmukalam
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskanpengertiandanfungsiilmukalam
Alokasi Waktu
: 2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
A.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan
penjelasan dari guru, siswa diharapkan dapat:
·
Menjelaskan pengertianilmukalam secara etimologis dan
terminologis
·
Menjelaskan fungsiilmukalam
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu:
·
Menjelaskan pengertian ilmu
kalam dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan fungsi
ilmu kalam dengan baik dan benar.
C.
Karaktersiswa
yang diharapkan
1.
Jujur, tawaduk,
taat, qanaahdansabar
2.
Rasa
hormatdanperhatian
3.
Tanggungjawab
4.
Tekun
5.
Penuh percaya
diri
D.
MATERI AJAR
Ilmu
Kalam
Pengertian Ilmu Kalam
Konsep ilmu kalam dapat ditelusuri dari akar katanya. Secara
etimologis kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan
menggunakan logika. Oleh karena itu, ciri utama dari ilmu kalam adalah
rasionalitas atau logika. Kata kalam sendiri mulanya memang dimaksudkan sebagai
terjemah dari dari kata logos yang diadopsi dari bahasa Yunani yang berarti pembicaraan.
Dari kata inilah muncul istilah logoka dan logis yang diterjemahkan ke dalam
bahasa Arab dengan istilah mantiq.
Menurut Syekh Muhammad Abduh, ilmu kalam adalah ilmu yang membahas
tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang
disifatkan bagi-Nya, dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya.
Ibnu Khaldun menerangkan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang berisi alasan-alasan
untuk mempertahankan kepercayaan –kepercayaan iman dengan menggunakan
dalil-daliul pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang
menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunah.
Fungsi Ilmu Kalam
Diantara fungsi ilmu kalam adalah untuk menambah keyakinan karena
sebagian dari ketentuan agama tidak mungkin untuk meyakininya kecuali melalui
akal seperti mengetahui tentang adanya Allah dan kodrat-Nya. Ilmu kalam
berfungsi untuk menumbuhkan tauhid karena ia menghadirkan dalil akal sebagai
argumen yang mudah dicerna manusia.
E.
METODE DAN STRATEGI
Metode : ceramah, tanya
jawab, diskusi kelompok dan penugasan.
Strategi :
discussion of group
F.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
1. Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
o Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basmalahserta mengabsen.
o Memberikan
apersepsi/materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta
memberikan motivasi.
o Menyampaikan
kompetensi dari materi yang akan diajarkan
o Menjelaskan
tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
o Guru
menyampaikanpokokmateriyang akandiajarkan
o Guru
menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertianilmu kalam dan fungsinya
Elaborasi
o Siswamembaca
atau menelaah literatur yang berkaitanpengertianilmu kalam dan fungsinya.
Konfirmasi
o Guru
membagikansiswamenjadi5 kelompok.
o Setiapkelompokmemilikijurubicara.
o Guru
membagikansatulembarkerjaberisipertanyaanuntukdidiskusikan.
o Jurubicarasetiapkelompokmempresentasikanhasildiskusinya.
o Guru
memberikankesempatanbagisiswa yang inginbertanya.
|
20
Menit
50
Menit
|
Pemahaman Konsep
|
3. Kegiatan penutup
o Guru
merangkum materi yang baru saja diajarkan
o Guru
menugaskan untukmenjawabsoal yang telahdisediakansebagaibentukevaluasi.
o Menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah dan membaca salam.
|
20
Menit
|
G.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Caption
§ Internet dan Intranet
§ Buku paket:Roli Abdul Rahman dan M. Khamzah, Menjaga Akidah dan Akhlak, Solo: PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
§ Buku-buku yang relevan dengan materi yang
diajarkan
§ Al-Qur’an dan terjemahnya
H.
PENILAIAN
a)
Kognitif
·
Test tertulis berupa soal
1.
Jelaskan
pengertian ilmu kalam!
Jawaban: Secara
etimologis kalam berarti pembicaraan, yakni pembicaraan yang bernalar dengan
menggunakan logika. Menurut Syekh Muhammad Abduh, ilmu kalam adalah ilmu yang
membahas tentang wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat
jaiz yang disifatkan bagi-Nya, dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya.
Ibnu Khaldun menerangkan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang berisi
alasan-alasan untuk mempertahankan kepercayaan –kepercayaan iman dengan
menggunakan dalil-daliul pikiran dan berisi bantahan-bantahan terhadap
orang-orang yang menyeleweng dari kepercayaan salaf dan ahli sunah.
2.
Apa fungsi ilmu
kalam?
Jawaban: Diantara fungsi ilmu kalam adalah untuk menambah keyakinan karena
sebagian dari ketentuan agama tidak mungkin untuk meyakininya kecuali melalui akal
seperti mengetahui tentang adanya Allah dan kodrat-Nya. Ilmu kalam berfungsi
untuk menumbuhkan tauhid karena ia menghadirkan dalil akal sebagai argumen yang
mudah dicerna manusia.
b)
Afektif
(PengamatanMinatdanSikap)
No.
|
NamaSiswa
|
AspekPenilaianAfektif
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
Catatan Guru
|
|||
Respon
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
TuntasTugas
|
|||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
Mengetahui,
Guru Pamong
|
Banjarmasin, 11-12-2012
Praktikan
|
Drs.
Muhammad Ramli AR, M.Pd
NIP.19660401 199203 1 005
|
Nahdiatul Husna
NIM.1101210374
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) 2
Nama Sekolah
: MAN 3 Amuntai
Kelas / Semester : XI IPA / Ganjil
Mata pelajaran
: Akidah Akhlak
Standar kompetensi : 3. Membiasakan
perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan
menerima tamu.
Alokasi Waktu
: 2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit )
I.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan
penjelasan dari guru, siswa diharapkan dapat:
·
Menjelaskan pengertian akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
·
Menjelaskan
pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu.
J.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu:
·
Menjelaskan pengertian akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dengan benar
setelah mendengarkan penjelasan dari guru.
·
Menjelaskan
pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu setelah
melakukan simulasi.
K.
Karakter siswa yang diharapkan
6.
Jujur, tawaduk,
taat, qanaah dan sabar
7.
Rasa hormat dan
perhatian
8.
Tanggungjawab
9.
Tekun
L.
MATERI AJAR
AKHLAK BERPAKAIAN
Pengertian
Secara bahasa pakaian diartikan sebagai barang apa
yang dipakai seseorang baik berupa baju, celana, sarung, selendang, jubah, dan
serban.
Secara istilah pakaian adalah segala sesuatu yang
dikenakan sseorang dalam berbagai ukuran dan modenya berupa baju, celana,
sarung, jubah ataupun yang lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya
untuk suatu tujuan yang bersifat khusus ataupun umum. Tujuan bersifat khusus
artinya pakaian yang dikenakan lebih berorientasi pada keindahan yang
disesuaikan dengan situasi dan kondisi pemakaian. Tujuan bersifat umum lebih
berorientasi pada keperluan untuk menutup
ataupun melindungi bagian tubuh yang perlu ditutup atau dilindungi, baik
menurut kepatutan adat ataupun agama.
AKHLAK BERHIAS
Pengertian
Secara bahasa berhias diartikan usaha memperelok
diri dengan pakaian ataupun lainnya yang indah-indah, berdandan dengan dandanan
yang indah dan menarik.
Secara istilah, berhias adalah sebagai upaya setiap
orang untuk memperindah diri dengan berbagai busana, asesoris ataupun zat-zat (make
up) yang dapat memperelok diri bagi pemakainya sehingga memunculkan kesan
indah bagi yang menyaksikan serta menambah rasa percaya diri penampilan untuk
suatu tujuan tertentu.
AKHLAK PERJALANAN
Pengertian
Secara bahasa perjalanan diartikan perihal (cara,
gerakan) berjalan atau bepergian dari suatu tempat menuju tempat yang lain
untuk suatu tujuan. Secara istilah, perjalanan adalah sebagai aktivitas
seseorang unuk keluar ataupun meninggalkan rumah dengan berjalan kaki ataupun
menggunakan berbagai sarana transportasi yang mengantarkan sampai pada tempat
tujuan dengan maksud taupun tujuan tertentu.
.
AKHLAK BERTAMU
Pengertian
Dalam bahasa Arab disebut dengan kata ata
liziyarati-istadafa-yastadifu. Bertamu diartikan datang berkunjung ke rumah
seorang teman ataupun kerabat untuk tujuan ataupun maksud (melawat dan
sebagainya). Sedangkan menurut istilah bertamu adalah kegiatan mengunjungi
rumah sahabat, kerabat ataupun orang lain dengan tujuan untuk menjalin
persaudaraan ataupun untuk suatu keperluan lain dalam rangka menciptakan
kebersamaan dan kemaslahatan bersama.
AKHLAK MENERIMA TAMU
Pengertian
Menerima
tamu dalam bahasa Arab disebut dengan kata atahu daiqun. Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia, menerima tamu (ketamuan) diartikan kedatangan orang
yang bertamu, melawat atau berkunjung. Secara istilah menerima tamu dimaknai
menyambut tamu dengan berbagai cara penyambutan yang lazim (wajar) dilakukan
menurut adat ataupun agama dengan maksud untuk menyenangkan atau memuliakan
tamu, atas dasar keyakinan untuk mendapatkan rahmat dan ridha dari Allah swt.
M.
METODE DAN STRATEGI
Metode : ceramah, tanya
jawab dan sosiodrama
Strategi :
simulation of action
N.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
1. Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
o Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basmalah serta mengabsen.
o Memberikan
apersepsi/materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta
memberikan motivasi.
o Menyampaikan
kompetensi dari materi yang akan diajarkan
o Menjelaskan
tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
o Guru
menyampaikan pokok materi yang akan diajarkan
o Guru
menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertian akhlak berpakaian,
berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
Elaborasi
o Siswa
membaca atau menelaah literatur yang berkaitan dengan akhlak berpakaian,
berhias, bepergian, bertamu dan menerima tamu.
o Siswa
membaca dalil yang berkaitan dengan akhlak berpakaian, berhias, bepergian,
bertamu dan menerima tamu.
Konfirmasi
o Guru
membagi siswa menjadi dua kelompok
o Setiap
kelompok mendapatkan judul drama yang akan dibawakan.
o Siswa
mendiskusikan siapa saja yang menjadi aktor dalam simulasi dan memilih ketua
kelompok sebagai juru bicara.
o Setiap
kelompok tampil dengan durasi waktu maksimal 5 menit, ditutup dengan
penjelasan dari juru bicara tentang pelajaran yang dapat diambil dari
simulasi tersebut.
o Guru
memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya.
|
15
Menit
55
Menit
|
Pemahaman Konsep
|
3. Kegiatan penutup.
o Guru
merangkum materi yang baru saja diajarkan
o Guru
menugaskan untuk menjawab soal di lembar yang telah disediakan sebagai bentuk
evaluasi.
o Menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah dan membaca salam.
|
20
Menit
|
O.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ LCD dan Laptop
§ Roli Abdul Rahman dan M. Khamzah, Menjaga Akidah dan Akhlak, Solo: PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
§ Mutiara Ihya Ulumuddin oleh Al-Ghazali
§ Kitab Subulus Salam Bab Adab
§ Al-Qur’an dan terjemahnya
P.
PENILAIAN
a)
Kognitif
·
Tes tertulis
·
Soal dan jawaban:
1. Jelaskan pengertian akhlak berpakaian dan
berhias?
Jawaban: Secara bahasa pakaian diartikan sebagai
barang apa yang dipakai seseorang baik berupa baju, celana, sarung, selendang,
jubah, dan serban. Secara istilah pakaian adalah segala sesuatu yang dikenakan
sseorang dalam berbagai ukuran dan modenya berupa baju, celana, sarung, jubah
ataupun yang lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya untuk suatu
tujuan.
Secara bahasa berhias diartikan usaha memperelok diri dengan pakaian
ataupun lainnya yang indah-indah, berdandan dengan dandanan yang indah dan
menarik.
Secara istilah, berhias adalah sebagai upaya setiap orang untuk
memperindah diri dengan berbagai busana, asesoris ataupun zat-zat (make up)
yang dapat memperelok diri bagi pemakainya sehingga memunculkan kesan indah
bagi yang menyaksikan serta menambah rasa percaya diri penampilan untuk suatu
tujuan tertentu.
b) Apa pengertian akhlak bertamu dan
pentingnya akhlak bertamu?
Jawaban: Bertamu diartikan datang berkunjung ke
rumah seorang teman ataupun kerabat untuk tujuan ataupun maksud (melawat dan
sebagainya). Sedangkan menurut istilah bertamu adalah kegiatan mengunjungi
rumah sahabat, kerabat ataupun orang lain dengan tujuan untuk menjalin
persaudaraan ataupun untuk suatu keperluan lain dalam rangka menciptakan
kebersamaan dan kemaslahatan bersama.
Bertamu memilki arti penting, yaitu untuk menumbuhkan sikap toleran terhadap
orang lain dan menjauhkan dari sikap paksaan, tekanan, dan intimidasi. Bertamu
juga mempertemukan persamaan ataupun kesesuaian sehingga akan terjalin persahabatan
dan kerjasama.
c) Uraikan makna dari akhlak perjalanan!
Jawaban: Perjalanan adalah berjalan atau
bepergian dari suatu tempat menuju tempat yang lain untuk suatu tujuan. Secara
istilah, perjalanan adalah sebagai aktivitas seseorang unuk keluar ataupun meninggalkan
rumah dengan berjalan kaki ataupun menggunakan berbagai sarana transportasi
yang mengantarkan sampai pada tempat tujuan dengan maksud taupun tujuan
tertentu.
d) Kemukakan definisi akhlak menerima tamu!
Jawaban: Menerima tamu didefinisikan menyambut tamu dengan berbagai cara
penyambutan yang lazim (wajar) dilakukan menurut adat ataupun agama dengan
maksud untuk menyenangkan atau memuliakan tamu, atas dasar keyakinan untuk
mendapatkan rahmat dan ridha dari Allah swt.
e)
Afektif
(Pengamatan Minat dan
Sikap)
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian Afektif
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Catatan Guru
|
|||
Respon
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
Tuntas Tugas
|
|||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
Mengetahui,
Guru Pamong
|
Banjarmasin, 11 Desember 2012
Praktikan
|
Drs.
Muhammad Ramli AR, M.Pd
NIP.19660401 199203 1 005
|
Nahdiatul Husna
NIM.1101210374
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar